KONSEP DASAR
BISNIS INFORMATIKA DAN PROSPEK BISNIS DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
(Mata
Kuliah Pengantar Bisnis Informatika)
Disusun oleh: KELOMPOK 4
1.
Amalia Wulandari |
50417595 |
2. Anugrah Cahya Agusty Satrio |
50417878 |
3. Kurnia Jordy Adhi
Pradana |
53417254 |
4. Ni Luh Made Mita
Mesdiana |
54417475 |
5. Muhamad Renaldy Ridwan |
53417795 |
6. Panji Maulana Al Latief |
54417689 |
7. Rafi Mochamad Fahreza |
54417857 |
8. Robby Nugraha |
55417378 |
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,
karena kami dapat menyelesaikan Penulisan Tugas 1 ini. Penyusunan Penulisan
Tugas 1 ini disusun untuk memenuhi tugas
mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika tentang “Konsep Dasar Bisnis
Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi”.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Wiwied
Widianingsih selaku dosen Pengantar Bisnis Informatika kami yang telah
memberikan arahan kepada kami agar dapat menyelesaikan Tugas 1 ini.
Akhirnya kami menyadari bahwa penulisan tugas ini sangat
jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, kami
menerima kritik dan saran agar penyusunan Penulisan Tugas selanjutnya menjadi lebih baik. Untuk itu kami mengucapkan
banyak terima kasih dan semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca.
DAFTAR ISI
2.2.2
Software House 8
2.2.3
IT Consultant 10
2.2.4
Penjualan Perangkat TIK 11
2.2.5
Pemasangan
dan Pemeliharaan Jaringan Komputer dan Perangkat TIK 13
2.3
Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia 15
BAB I PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh semua lapisan
masyarakat. Pada era globalisasi ini, apabila
kita memahami tentang fungsi dari bisnis tersebut akan sangat bermanfaat
khususnya bagi diri kita sendiri maupun orang lain.
Kita akan mendapatkan keuntungan yang kita inginkan dalam aktivitas
bisnis tersebut. Bangsa Indonesia, merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah jika kita tidak pandai mengatur itu semua,
maka bangsa kita akan jatuh ke dalam keterpurukan dalam hal perekonomian, kemiskinan
dan menjadikan negeri kita gagal atau miskin. Dilihat dari pertumbuhan ekonomi
saat ini, jumlah pengangguran di
Indonesia menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa
mengatasi problema tersebut. Jika adanya pasar kerja yang dibuka, masyarakat
berbondong-bondong untuk menjadi pegawai negeri, tetapi pekerjaan kita tidak
hanya pegawai negeri saja masih banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan
misalnya pewirausaha atau pengusaha.
Maka dari itu, penulis ingin membahas penulisan ini yang
berjudul “Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang
Teknologi Informasi” yang menjadi salah satu topik pembahasan penulis. Penulis
berusaha menyusun penulisan tugas ini semenarik mungkin agar para masyarakat
khususnya mahasiswa dan pelajar lainnya dapat menyukai ini. Sehingga mahasiswa
dapat mengenal dan mengerti serta dapat menambah wawasan dalam berbisnis
tentunya dalam bidang teknologi informasi.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Penulis ingin membatasi
masalah apa saja yang akan dibahas pada penulisan ini, sehingga informasi yang
ditampilkan jelas dan akurat. Oleh sebab itu penulis ingin membahas mengenai:
1.
Definisi Umum tentang Bisnis, TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi)
dan Bisnis Informatika)
2.
Jenis Bisnis Informatika
(e-commerce, software house, consultant, penjualan perangkat TIK, pemasangan
dan pemeliharaan jaringan computer dan perangkat TIK, dll)
3.
Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan dunia
1.3
TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan dalam membuat penulisan ini adalah:
1.
Untuk memenuhi dan melengkapi tugas mata kuliah
Pengantar Bisnis Informatika.
2.
Dapat memahami Konsep Dasar Bisnis
Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi.
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Definisi Umum tentang Bisnis, TIK
dan Bisnis Informatika
Secara umum, pengertian
bisnis (business), tidak terlepas
dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau
perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit,
pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi
yang menghasilkan barang dan jasa untuk
menghasilkan laba. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian bisnis
adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat
luas. Pelaku bisnis (businessman)
akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk
melayaninya secara baik sehingga masyarakat
menjadi puas dan
senang karenanya. Dari
kepuasan masyarakat itulah businessman atau para pelaku bisnis akan
mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan tersebut akan digunakan untuk
mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas.
Pengertian bisnis diatas sesuai dengan pendapat Jeff Madura
yang mengatakan bahwa pengertian bisnis sebagai berikut” A business is an enterprise that provides products or services desired by customers” definisi
tersebut menggambarkan bahwa bisnis didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen
berupa barang atau jasa. Jika bisnis
tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik memperoleh
tingkat pengembalian yang wajar atas investasi mereka di perusahaan.
Para ahli memiliki
definisi yang berbeda, definisinya sebagai berikut:
1.
Menurut Urwick dan
hunt
Bisnis
adalah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan, ataupun menyediakan
segala barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya
serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.
2.
Menurut Prof. Owen
Bisnis
adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi
barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap
jasanya.
3.
Menurut Hooper
Bisnis
adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang
seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan
industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, insuransi,
transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh
(which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.
4.
Menurut Prof. L.R.
Dicksee
Bisnis
adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam
terjadinya aktivitas tersebut.
5.
Menurut Mc Naughton
Bisnis adalah
pertukaran barang-barang, uang ataupun jasa untuk keuntungan mutual.
2.1.2
TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi)
Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris:
Information and Communication Technologies; ICT)adalah payung besar terminologi
yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan
informasi. TIK mencakup dua aspek
yaitu teknologi informasi dan teknologi
komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan
proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan
mentransfer data dari perangkat yang satu
ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi
adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian
luas yaitu
segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi,
pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat
lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua
teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga
awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat
titik jenuhnya.
Para ahli memiliki
definisi yang berbeda, definisinya sebagai berikut:
1.
Eric Deeson
Menurut
Eric Deeson, pengertian TIK adalah
kebutuhan manusia dalam melakukan proses mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses suatu informasi dalam
konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
2.
William E. Sawyer
Menurut
William E. Sawyer, pengertian TIK adalah sebuah struktur dari teknologi, yang
memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi
berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara. Jaringan ini
bisa disebut sebagai internet.
3.
Anatta Sannai
Menurut
Anatta Sannai, pengertian TIK adalah suatu alat yang digunakan oleh manusia
untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari orang lain.
4.
Puskur Diknas Indonesia
Menurut
Puskur Diknas Indonesia, TIK adalah suatu rangkaian struktur yang saling
berkaitan antara satu sama lain dimana di dalamnya terdapat aktivitas proses,
kelola, manipulasi, dan transfer data maupun informasi dari suatu media ke
media lainnya.
2.1.3
Bisnis Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan
individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan
mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi
informasi seperti internet.
Tidak dapat dipungkiri, Bisnis informatika berkembang
dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet
sudah mengalami pergeseran di dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet
merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi
sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan
internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan
perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi
muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat. Akses
internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk
memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.
Sejalan dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi,
perusahaan-perusahaan makin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap
survive dan memenangkan persaingan yang kian hari terasa ketat dan keras.
Akhir-akhir ini penggunaan internet yang menjurus
kepada cyberspace kelihatannya akan mendominasi seluruh kegiatan di atas
permukaan bumi di masa kini dan masa datang dan secara umum akan berubah
menjadi alat untuk persaingan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya.
Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin
tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat,
radikal, serentak, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap
perubahan yang terjadi sehingga
perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.
2.2
Jenis Bisnis Informatika
E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik
merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran
barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet
ataupun jaringan komputer.
E-Commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan
dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran
data elektronik, sistem pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistem
komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.
Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan
sebagai bagian dari e- business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih
luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis – jenis kegiatan yang dilakukannya.
Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang E-Commerce:
a.
Blanja.com
Salah
satu bisnis e-commerce di Indonesia dengan model marketplace c2c (customer to
customer) saat ini adalah blanja.com. Blanja.com didirikan pada tanggal 17
September 2012 dari hasil joint venture antara Telkom Indonesia dan eBay.
Blanja.com merupakan
website
yang mampu memberikan fasilitas transaksi uang secara online disamping kegiatan
utamanya yaitu membantu mempromosikan berbagai produk. Pada blanja.com, pihak
penjual diharuskan terlebih dahulu menyelesaikan proses verifikasi sebelum menjadi
pengguna (yang berperan sebagai penjual) di blanja.com.
b.
Tiket.com
Tiket.com
adalah salah satu contoh bisnis e-commerce di Indonesia dengan model bisnis
toko online b2c (business to consumer). Model bisnis ini merupakan toko online
yang memiliki memiliki cara memulai bisnis online shop dengan membuat alamat
website sendiri, sehingga bisnis ini bisa dimiliki langsung oleh pihak penjual
dan dapat langsung melakukan kegiatan transaksi secara online.
c.
Tokopedia
Tokopedia
merupakan salah satu bisnis e-commerce di Indonesia dengan model marketplace
c2c (customer to customer). Melalui Tokopedia, pelaku usaha mikro kecil dan
menengah (UMKM) dan juga usaha perorangan dapat melakukan pengembangan pada
bidang usahanya. Salah satu penghargaan yang telah diterima adalah terpilihnya
tokopedia pada Indonesia Digital Economy Award tahun 2016 sebagai Best Company
in Consumer Industry.
d.
Blibli
Blibli
adalah salah satu contoh bisnis e-commerce di Indonesia dengan model bisnis
shopping mall. Pada model bisnis shopping mall, pihak penjual haruslah
merupakan penjual yang memiliki brand ternama. Untuk dapat menjadi penjual di
blibli, proses
verifikasinya
sangat ketat. Keuntungan bisnis online ini didapatkan dari komisi yang
diberikan oleh penjual.
2.2.2
Software House
Software house adalah perusahan yang bergerak dalam bidang
distribusi perangkat lunak, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi perangkat lunak. Berikut ini adalah contoh
bisnis informatika di bidang Software House.
a.
Suitmedia
Suitmedia
adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang konsultan teknologi dan
pemasaran digital. Kegiatan usaha Suitmedia meliputi digital strategy, desain
dan pengembangan situs, mobile application development, social media marketing,
serta periklanan digital. Suitmedia berkantor pusat di Jakarta dan memiliki
cabang di Bandung. Suitmedia juga aktif melakukan penelitian dan pengembangan, serta
telah menghasilkan beberapa perusahaan Internet baru di bidang perdagangan
elektronik (e-commerce), yaitu BukaLapak.com dan HijUp.com.
b.
Sangkuriang
PT
Sangkuriang Internasional, sebuah perusahaan yang berbasis di Indonesia sejak
2010. PT Sangkuriang Internasional berkomitmen dalam memberikan solusi IT untuk
membantu bisnis anda tumbuh. PT. Sangkuriang Internasional berpengalaman dalam
menyediakan produk dan layanan terbaik bagi anda dengan 5 unit bisnis yang kami miliki, yaitu,
Salution (Sangkuriang Solution), Sagadio (Sangkuriang Game Studio), DAKSA (Dana
Aksara Sangkuriang), OborTech (Obor Technology), Sang Byte, dan Dunia Bahasa.
PT Sangkuriang Internasional selalu berkomitmen untuk menyediakan dukungan
maksimal terhadap solusi permasalahan.
c.
GITS Indonesia
GITS
Indonesia adalah perusahaan di bidang teknologi informasi, terutama
pengembangan perangkat lunak. GITS Indonesia melayani kliennya dengan
memanfaatkan teknologi informasi untuk memperluas perusahaan klien dan
meningkatkan nilai kompetisi mereka. GITS Indonesia fokus dalam mengembangkan
aplikasi untuk pemasaran digital, yaitu aplikasi yang dapat membantu klien
untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan nilai
pemasaran mereka. Konsep pemasaran digital ini dapat diterapkan di banyak media yang berbeda, seperti portal,
aplikasi mobile interaktif untuk iPhone, Android, Blackberry, J2ME, dll.
d.
Mitrais
Mitrais
adalah perusahaan pengembang perangkat lunak dengan kantor di Jakarta, Bandung,
Yogyakarta, dan Bali. Dalam bisnis sejak 1991. Mitrais menyediakan berbagai
kemampuan Pengembangan Perangkat Lunak termasuk Microsoft, Mobile, Web, Java, dll. Layanan Produk mencakup penyebaran
dan dukungan Produk Perangkat Lunak terkemuka yang menargetkan Sektor
Pertambangan dan Kesehatan. Kegiatan ini didukung oleh sistem manajemen sumber
daya manusia terbaik di kelasnya dan model
keterlibatan terintegrasi.
e.
Bridgetech
PT
Intersolusi Teknologi Asia yang dikenal sebagai Bridge Technology Services
adalah Rumah Perangkat Lunak yang andal di Indonesia. Dengan menggunakan
teknologi paling maju dan sesuai, Bridgetech mampu mengembangkan dan
menggunakan solusi vertikal baru dengan lebih cepat dengan beragam layanan
untuk semua industri. Didirikan pada
tahun
2008, perusahaan ini berusaha untuk mengembangkan dan mengubah bisnis bata-
dan-mortir menjadi e-bisnis modern dengan efisiensi dan efektivitas yang lebih
besar. Sebagai pengembang dan penerbit perangkat lunak, Bridgetech menawarkan
solusi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda menggunakan teknologi
terbaru.
f.
Technosindo
Technology
Solutions Indonesia, perusahaan Teknologi Informasi berfokus pada Pengembangan
Perangkat Lunak & Web, Solusi Hosting & Domain, dan Pengembangan
Aplikasi Seluler. Banyak layanan dalam lingkup Teknologi Informasi disediakan
oleh Technology Solutions Indonesia yang juga dikenal sebagai Technos atau
Technosindo. Kami berspesialisasi dalam memberikan solusi berbiaya rendah dan
berkualitas tinggi, seperti Perangkat Lunak Komputer, Pengembangan Web, dan
tentu saja, aplikasi khusus sesuai permintaan pengguna.
2.2.3
IT Consultant
Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang
menyediakan jasa ke penasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian
tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan
lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang
konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan sang pengguna layanan (client),
melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah
perusahaan ke penasihatan, serta berurusan dengan berbagai pengguna layanan
dalam satu waktu.
IT Consultant adalah bidang yang berfokus pada bisnis
memberikan saran tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi
untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, IT Consultant
sering menerapkan, menyebarkan, dan mengelola sistem IT atas nama bisnis, yang
dikenal sebagai outsourcing. Dibidang bisnis baik perdagangan barang maupun
jasa peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi
baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan
cepat dan tepat.
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi
kebijakan dan strategi dunia usaha yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan
persaingan. Untuk mendukung terlaksana nya suatu kegiatan transaksi yang
sempurna dan berjalan nya suatu bisnis secara lancar dibutuhkan suatu teknologi
yang sangat berkualitas tinggi. Dalam hal tersebut, dibutuhkan seorang IT
Consultant .
IT Consultant, sesuai dengan namanya sendiri “Consultant “
yang berarti seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat ahli
dalam bidang keahliannya. Jadi IT consultant merupakan seorang yang ahli dalam
memberikan saran dalam bidang teknologi informasi . Keberadaan seorang IT
consultant di Indonesia sendiri pun tidak terlihat sebagai suatu profesi yang
asing, bahkan terdapat suatu perusahaan jasa konsultan dalam bidang teknologi
informasi. Mereka sebagai seorang IT Consultant sangat lah mengetahui teknologi
yang berkualitas maupun kurang berkualitas yang baik bagi suatu perusahaan atau
klien nya. Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang IT
Consultant:
a. PT. Aevitas
Consulting
Salah
satu contoh perusahaan yang saya diskusikan di postingan ini adalah perusahaan
PT. Aevitas Consulting. Beralamat di Jembatan Tiga
Raya 5C Jakarta Utara 14450, Indonesia. Perusahaan yang bergerak
dibidang jasa IT Consultant ini didirikan oleh Jap Ju Sin di Indonesia pada
tahun 2009. Walau dikatakan dalam skala menengah ke bawah karena masih belum
punya anak perusahaan, namun perusahaan ini telah banyak menangani permintaan
dari perusahaan-perusahaan menengah ke atas. Perusahaan ini fokus pada implementasi
Microsoft Dynamics, mulai dari konsultasi, penginstalan, kustomisasi,
pelatihan/training, support hingga perawatan
berkala.
2.2.4
Penjualan Perangkat TIK
Beberapa organisasi banyak yang telah berinovasi serta
menjual produk perangkat dalam mendukung jalannya
TIK. Produk yang diproduksi dalam bidang TIK ialah perangkat
jaringan komputer, komputer, serta beberapa
produk lainnya. Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang
penjualan perangkat TIK :
a.
Alphabet
Alphabet
adalah perusahaan software terbesar di dunia berdasarkan pendapatan, dimana
mereka menghasilkan $110,86 Milyar tahun ini.
Alphabet mungkin paling dikenal sebagai perusahaan induk Google, yang
menangani lebih dari 70% permintaan pencarian online dunia. Alphabet diciptakan
oleh restrukturisasi perusahaan Google, yang
dilakukan untuk mengkotak-kotakkan dan merampingkan layanannya.
b.
IBM
International
Business Machines Corporation (IBM) memproduksi perangkat keras (hardware),
middleware, dan software, dan merupakan produsen komputer Amerika terkemuka.
Perusahaan asli yang didirikan pada tahun 1911 menggabungkan tiga perusahaan
yang berbeda dan membuat produk kantor seperti mesin tabulasi kartu punch. IBM
memasuki bidang mesin tik listrik pada tahun 1933, kemudian mengembangkan
kalkulator yang akan membuka jalan bagi komputer pertamanya. Perusahaan pembuat
software ini menghasilkan $79.9 Milyar tahun ini.
c.
Facebook
Facebook
dimulai sebagai semacam permainan “panas atau tidak” yang disebut Facesmash oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya
di Universitas Harvard. Kemudian itu tumbuh dari asal-usul yang sederhana itu
menjadi situs web media sosial paling populer di dunia saat ini – kecuali di Cina, karena
negara cina melarang
sejak
2009.
Facebook juga dikatakan sebagai tempat yang bagus untuk bekerja, dengan suasana
yang hidup dan kerja yang bagus- dimana mereka menerapkan keseimbangan hidup
bagi karyawan. Dan tahun ini mereka menghasilkan $40,65 Milyar.
2.2.5
Pemasangan dan Pemeliharaan
Jaringan Komputer dan Perangkat TIK
Perusahaan dalam bidang pemeliharaan serta pemasangan
adalah perusahaan yang menawarkan jasa yang dapat digunakan oleh perusahaan
lain. Perusahaan dalam bidang pemeliharaan ini adalah perusahaan yang tidak
membuat produk melainkan produk yang digunakaannya berasal dari vendor yang
telah disepakati oleh perusahaan jasa. Berikut ini adalah contoh bisnis
informatika di bidang pemasangan dan pemeliharaan jaringan komputer dan
perangkat TIK :
a.
First Media
Dengan
koneksi internet yang handal dan layanan TV kabel yang terkemuka di pasarannya,
First Media sangat cocok untuk Anda yang menyukai hiburan dari TV kabel. Anda
bisa memilih antara 5 pilihan paket mulai dari 10 Mbps hingga 1.000 Mbps (mega
bits per second). Dengan kecepatan internet yang stabil, maka acara silaturahmi
online dengan kerabat di kampung halaman akan tetap lancar dan tanpa gangguan.
b.
MyRepublic
ISP MyRepublic salah satu pemain yang
kompetitif dalam hal harga dan kecepatan internet. Mereka memiliki paket dari
harga Rp 329.000 sampai Rp 1.199.000 dengan kecepatan mencapai 300 Mbps. Walau
saat ini MyRepublic belum memiliki jangkauan daerah yang luas, tetapi di
kota-kota besar di Indonesia telah tersedia layanan MyRepublic. MyRepublic
juga merupakan satu-satunya penyedia
internet yang memberikan paket
khusus untuk gamer. Artinya, mereka menyediakan sambungan internet yang stabil. Jadi, saat Anda melakukan
video call dengan kerabat atau keluarga, percakapan akan tetap lancar tanpa gangguan.
c.
Biznet Home
Terkenal
dengan cakupan area yang luas, Biznet Home menyediakan
layanan internet dengan kabel fiber optik untuk lebih dari 100 kota di
Indonesia. Jumlah kota ini masih berkembang hingga saat ini. Biznet menyediakan
paket combo internet dan TV kabel atau paket internet rumah saja. Walau layanan
internetnya tidak secepat layanan dari ISP lainnya, Biznet Home menawarkan
kecepatan upload dan download yang sama. Biznet juga memiliki paket 150Mbps
untuk kenyamanan berinternet Anda. Terutama menjelang Bulan Puasa, di mana
menghubungi keluarga untuk bermaaf-maafan sudah menjadi tradisi.
d.
MNC Play
Salah satu
penyedia internet dengan
kecepatan tertinggi di
Indonesia. MNC Play menggunakan teknologi Fiber To The Home (FTTH), MNC Play menyediakan jaringan
kabel fiber optik 100% di seluruh jalur sampai ke rumah Anda. MNC Play merupakan provider internet yang mampu mendukung kapasitas network
hingga 10 Gbps, sehingga koneksi
internet tetap stabil. Cocok untuk Anda yang bekerja dari rumah, juga untuk
acara silaturahmi jarak jauh bersama keluarga.
Dulunya dikenal sebagai Speedy Internet, IndiHomeFiber
dari PT Telkomsel Indonesia, Tbk terkenal dengan jangkauan yang
sangat luas. Dimana pun Anda berada di Indonesia, layanan IndiHome Fiber siap
melayani Anda. Tentu saja ini karena Telkomsel merupakan perusahaan
telekomunikasi terbesar di Indonesia. Anda dapat memilih paket dari IndiHome yang
beragam dari segi kecepatan internet, jumlah layanan dan harga. Anda
bebas memilih antara kecepatan dari 10 Mbps
hingga 300 Mbps dan tambahan layanan TV kabel ataupun telepon rumah.
2.3
Perkembangan Bisnis Informatika di
Indonesia dan Dunia
Perkembangan bisnis TI di Indonesia cukup drastis, hal ini
didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada
sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal
dari dunia teknologi informasi. Perkembangan ini dapat dilihat dari berbagai
aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam bidang informatika ini memiliki
peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak orang yang
mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware, software dan
penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli online. Sekarang ini banyak
perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu
dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online.
Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas
ruang dan waktu.
Oleh karena itu, kualitas sumber daya dan fasilitas dalam
bidang TIK harus selalu di tingkatkan
untuk mendukung kegiatan bisnis yang semakin maju dan mungkin akan semakin bertambah
peminatnya. Dan kita harus memperbesar porsi lokal dalam dunia bisnis teknologi
informatika di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi dan komputer menyebabkan perubahan kultur
kita sehari-hari yang disebut dengan “information age”. Media elektronik
menjadi salah satu media andalan
untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti,
akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus
menggunakan media elektronik ini.
Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah
“ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat
dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan
masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di
Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan- perusahaan yang
bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia
layanan internet, software house, hosting, dll.
Perkembangan bisnis TI di Indonesia belakangan ini terjadi
peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini
sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi
salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk ke
depannya.
Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas
teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Saat ini dunia TI
mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang bisnis. Pada lingkungan
bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan
berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan mengoptimalkan
efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi
telah berkembang luar biasa hebatnya
baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak,
atau sumber daya manusia yang
mendayagunakannya.
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Bisnis merupakan kegiatan yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dapat disimpulkan
bahwa dunia bisnis tidak terpaku hanya untuk satu bidang, bisnis dapat di
kolaborasi-kan dengan berbagai bidang sehingga dapat menghasilkan hasil yang
maksimal sesuai keinginan kita tentunya. Pada bisnis informatika memiliki
beberapa jenis yaitu e-commerce, software house, consultant, penjualan
perangkat TIK, pemasangan dan pemeliharaan jaringan computer dan perangkat TIK,
dll. Pada perkembangan bisnis informatika saat ini sangat pesat dapat dilihat
dari banyaknya usaha yang dibangun yang memanfaatkan perkembangan teknologi
informatika.
3.2
Saran
Adapun saran yang dapat diberikan kepada pembaca untuk
dapat memahami pentingnya perkembangan bisnis informatika saat ini dan dapat
menjalankan bisnis sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan mempelajari
aturan bisnis hingga menjadi sukses.
DAFTAR
PUSTAKA
1. Fajfrii,
Andi. 2017. Pengertian Bisnis TIK dan Bisnis. Diakses pada tanggal 04 Oktober
2020
URL:http://andifajrii.blogspot.com/2017/10/pengertian-bisnis-tik-dan-bisnis.html
2. Dosen
Pendidikan 3. 2020. Pengertian Bisnis
Menurut Para Ahli. Diakses pada tanggal 04 Oktober 2020
URL:https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli/
3. Maxmanroe.
2018. Pengertian TIK: Definisi, Fungsi,
Manfaat, dan Sejarah TIK. Diakses pada tanggal 04 Oktober 2020
URL:https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian- tik.html#:~:text=Pengertian%20TIK%20Menurut%20Para%20Ahli,- Agar%20lebih%20memahami&text=Menurut%20Eric%20Deeson%2C%20pengertian%20T IK,sendiri%20dan%20masyarakat%20secara%20keseluruhan.
4. Fahlevi,
M. F. 2018. Bisnis Informatika.
Diakses pada 04 Oktober 2020 URL:http://katyinmars.blogspot.com/2018/10/bisnis-informatika.html
5.
Yuli. 2019. Inilah 7 Contoh Bisnis E-Commerce di Indonesia yang Sukses. Diakses pada
tanggal 06 Ooktober 2020
URL:https://dosenekonomi.com/bisnis/peluang-bisnis/contoh-bisnis-e-commerce-di- indonesia
6. Amalia,
Sarah. 2019. 15 Software House Terpercaya
dan Terbaik di Indonesia Rekomendasi Teknologi.id. Diakses pada tanggal 06
Oktober 2020
URL:https://teknologi.id/insight/15-software-house-terpercaya-dan-terbaik-di-indonesia- rekomendasi-teknologi-id
7. Budiarto,
M. R. 2016. Pengantar Bisnis Informatika
dan Contoh Perusahaan. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2020 URL:https://mrisnawanbudianto.wordpress.com/2016/10/05/pengantar-bisnis-informatika-
dan-contoh/
8. Ikhsanti,
Dyah. 2020. Pilihan Provider Internet
Rumah Terbaik untuk Silaturahmi Online (Update 2020). Diakses pada tanggal
06 Oktober 2020 URL:https://www.aturduit.com/articles/provider-internet-rumah-terbaik/
9. Saputra,
Zhendy. 2019. Perkembangan Bisnis
Informatika. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2020
URL:http://zhendydyazsaputra.blogspot.com/2018/10/pengertian-bisnis-bisnis- informatika.html