bjk

Welcome to my Blog.

Nama Saya Renaldy,Dari kelas 1ia19.

Gunadarma Site

click here

Follow my Instagram

just Click Here!

Selasa, 27 Oktober 2020

Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis Di Bidang Teknologi Informasi

 

KONSEP DASAR BISNIS INFORMATIKA DAN PROSPEK BISNIS DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

(Mata Kuliah Pengantar Bisnis Informatika)

 

 


 

Disusun oleh: KELOMPOK 4

 

 

1. Amalia Wulandari

50417595

2. Anugrah Cahya Agusty Satrio

50417878

3. Kurnia Jordy Adhi Pradana

53417254

4. Ni Luh Made Mita Mesdiana

54417475

5. Muhamad Renaldy Ridwan

53417795

6. Panji Maulana Al Latief

54417689

7. Rafi Mochamad Fahreza

54417857

8. Robby Nugraha

55417378

 

 

 

 

 

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA

2020


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena kami dapat menyelesaikan Penulisan Tugas 1 ini. Penyusunan Penulisan Tugas 1 ini  disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika tentang “Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi”.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Wiwied Widianingsih selaku dosen Pengantar Bisnis Informatika kami yang telah memberikan arahan kepada kami agar dapat menyelesaikan Tugas 1 ini.

Akhirnya kami menyadari bahwa penulisan tugas ini sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, kami menerima kritik dan saran agar penyusunan Penulisan Tugas selanjutnya menjadi lebih baik. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih dan semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR....................................................................................................................................... i

DAFTAR ISI..................................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN...................................................................................................................................... 1

1.1           LATAR BELAKANG..................................................................................................................... 1

1.2           RUMUSAN MASALAH..................................................................................................................... 1

1.3           TUJUAN PENULISAN..................................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN...................................................................................................................................... 3

2.1           Definisi Umum tentang Bisnis, TIK dan Bisnis Informatika..................................................................................................................... 3

2.1.1            Bisnis.............................................................................................................. 3

2.1.2            TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi).............................................................................................................. 4

2.1.3            Bisnis Informatika.............................................................................................................. 5

2.2           Jenis Bisnis Informatika..................................................................................................................... 6

2.2.1            E-Commerce.............................................................................................................. 6

2.2.2            Software House                                                                                                                 8

2.2.3            IT Consultant                                                                                                               10

2.2.4            Penjualan Perangkat TIK                                                                                                               11

2.2.5            Pemasangan dan Pemeliharaan Jaringan Komputer dan Perangkat TIK                                                                                                               13

2.3           Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia 15

BAB III PENUTUP.................................................................................................................................... 17

3.1           Kesimpulan.................................................................................................................... 17

3.2           Saran.................................................................................................................... 17

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................................................... 18


BAB I PENDAHULUAN

 

1.1            LATAR BELAKANG

Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh semua lapisan masyarakat. Pada era globalisasi ini, apabila kita memahami tentang fungsi dari bisnis tersebut akan sangat bermanfaat khususnya bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Kita akan mendapatkan keuntungan yang kita inginkan dalam aktivitas bisnis tersebut. Bangsa Indonesia, merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah jika kita tidak pandai mengatur itu semua, maka bangsa kita akan jatuh ke dalam keterpurukan dalam hal perekonomian, kemiskinan dan menjadikan negeri kita gagal atau miskin. Dilihat dari pertumbuhan ekonomi saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi problema tersebut. Jika adanya pasar kerja yang dibuka, masyarakat berbondong-bondong untuk menjadi pegawai negeri, tetapi pekerjaan kita tidak hanya pegawai negeri saja masih banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan misalnya pewirausaha atau pengusaha.

Maka dari itu, penulis ingin membahas penulisan ini yang berjudul “Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi” yang menjadi salah satu topik pembahasan penulis. Penulis berusaha menyusun penulisan tugas ini semenarik mungkin agar para masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar lainnya dapat menyukai ini. Sehingga mahasiswa dapat mengenal dan mengerti serta dapat menambah wawasan dalam berbisnis tentunya dalam bidang teknologi informasi.

 

1.2            RUMUSAN MASALAH

Penulis ingin membatasi masalah apa saja yang akan dibahas pada penulisan ini, sehingga informasi yang ditampilkan jelas dan akurat. Oleh sebab itu penulis ingin membahas mengenai:

1.           Definisi Umum tentang Bisnis, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Bisnis Informatika)

2.           Jenis Bisnis Informatika (e-commerce, software house, consultant, penjualan perangkat TIK, pemasangan dan pemeliharaan jaringan computer dan perangkat TIK, dll)

3.           Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan dunia


1.3            TUJUAN PENULISAN

Tujuan penulisan dalam membuat penulisan ini adalah:

1.           Untuk memenuhi dan melengkapi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika.

2.           Dapat memahami Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi.


BAB II PEMBAHASAN

 

2.1                         Definisi Umum tentang Bisnis, TIK dan Bisnis Informatika

2.1.1   Bisnis

Secara umum, pengertian bisnis (business), tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih sempit, pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis (businessman) akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya secara baik sehingga masyarakat   menjadi    puas    dan    senang    karenanya.    Dari    kepuasan    masyarakat itulah businessman atau para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas.

Pengertian bisnis diatas sesuai dengan pendapat Jeff Madura yang mengatakan bahwa pengertian bisnis sebagai berikut” A business is an enterprise that provides products or  services desired by customers” definisi tersebut menggambarkan bahwa bisnis didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen berupa barang atau jasa. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik memperoleh tingkat pengembalian yang wajar atas investasi mereka di perusahaan.

Para ahli memiliki definisi yang berbeda, definisinya sebagai berikut:

1.                                  Menurut Urwick dan hunt

Bisnis adalah segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan, ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.

2.                                  Menurut Prof. Owen

Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.


3.                                  Menurut Hooper

Bisnis adalah Segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, insuransi, transportasi, dan seterusnya yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.

4.                                  Menurut Prof. L.R. Dicksee

Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

5.                                  Menurut Mc Naughton

Bisnis adalah pertukaran barang-barang, uang ataupun jasa untuk keuntungan mutual.

 

 

2.1.2   TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi)

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT)adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu  segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.


Para ahli memiliki definisi yang berbeda, definisinya sebagai berikut:

1.                                   Eric Deeson

Menurut Eric Deeson, pengertian TIK adalah kebutuhan manusia dalam melakukan proses mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses suatu informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

2.                                   William E. Sawyer

Menurut William E. Sawyer, pengertian TIK adalah sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara. Jaringan ini bisa disebut sebagai internet.

3.                                   Anatta Sannai

Menurut Anatta Sannai, pengertian TIK adalah suatu alat yang digunakan oleh manusia untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari orang lain.

4.                                   Puskur Diknas Indonesia

Menurut Puskur Diknas Indonesia, TIK adalah suatu rangkaian struktur yang saling berkaitan antara satu sama lain dimana di dalamnya terdapat aktivitas proses, kelola, manipulasi, dan transfer data maupun informasi dari suatu media ke media lainnya.

 

2.1.3   Bisnis Informatika

Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.

Tidak dapat dipungkiri, Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet sudah mengalami pergeseran di dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat. Akses internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.


Sejalan dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi, perusahaan-perusahaan makin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap survive dan memenangkan persaingan yang kian hari terasa ketat dan keras. Akhir-akhir ini penggunaan internet yang menjurus kepada cyberspace kelihatannya akan mendominasi seluruh kegiatan di atas permukaan bumi di masa kini dan masa datang dan secara umum akan berubah menjadi alat untuk persaingan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, serentak, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.

 

2.2                         Jenis Bisnis Informatika

2.2.1   E-Commerce

E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.

E-Commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistem komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.

Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e- business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis – jenis kegiatan yang dilakukannya. Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang E-Commerce:

a.                                     Blanja.com

 


 

Salah satu bisnis e-commerce di Indonesia dengan model marketplace c2c (customer to customer) saat ini adalah blanja.com. Blanja.com didirikan pada tanggal 17 September 2012 dari hasil joint venture antara Telkom Indonesia dan eBay. Blanja.com merupakan


website yang mampu memberikan fasilitas transaksi uang secara online disamping kegiatan utamanya yaitu membantu mempromosikan berbagai produk. Pada blanja.com, pihak penjual diharuskan terlebih dahulu menyelesaikan proses verifikasi sebelum menjadi pengguna (yang berperan sebagai penjual) di blanja.com.

b.                                    Tiket.com


Tiket.com adalah salah satu contoh bisnis e-commerce di Indonesia dengan model bisnis toko online b2c (business to consumer). Model bisnis ini merupakan toko online yang memiliki memiliki cara memulai bisnis online shop dengan membuat alamat website sendiri, sehingga bisnis ini bisa dimiliki langsung oleh pihak penjual dan dapat langsung melakukan kegiatan transaksi secara online.

c.                         Tokopedia


Tokopedia merupakan salah satu bisnis e-commerce di Indonesia dengan model marketplace c2c (customer to customer). Melalui Tokopedia, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan juga usaha perorangan dapat melakukan pengembangan pada bidang usahanya. Salah satu penghargaan yang telah diterima adalah terpilihnya tokopedia pada Indonesia Digital Economy Award tahun 2016 sebagai Best Company in Consumer Industry.

d.                                    Blibli


 

Blibli adalah salah satu contoh bisnis e-commerce di Indonesia dengan model bisnis shopping mall. Pada model bisnis shopping mall, pihak penjual haruslah merupakan penjual yang memiliki brand ternama. Untuk dapat menjadi penjual di blibli, proses


verifikasinya sangat ketat. Keuntungan bisnis online ini didapatkan dari komisi yang diberikan oleh penjual.

 

2.2.2   Software House

Software house adalah perusahan yang bergerak dalam bidang distribusi perangkat lunak, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi perangkat lunak. Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang Software House.

a.    Suitmedia


Suitmedia adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang konsultan teknologi dan pemasaran digital. Kegiatan usaha Suitmedia meliputi digital strategy, desain dan pengembangan situs, mobile application development, social media marketing, serta periklanan digital. Suitmedia berkantor pusat di Jakarta dan memiliki cabang di Bandung. Suitmedia juga aktif melakukan penelitian dan pengembangan, serta telah menghasilkan beberapa perusahaan Internet baru di bidang perdagangan elektronik (e-commerce), yaitu BukaLapak.com dan HijUp.com.

b.   Sangkuriang


PT Sangkuriang Internasional, sebuah perusahaan yang berbasis di Indonesia sejak 2010. PT Sangkuriang Internasional berkomitmen dalam memberikan solusi IT untuk membantu bisnis anda tumbuh. PT. Sangkuriang Internasional berpengalaman dalam menyediakan produk dan layanan terbaik bagi anda dengan 5 unit bisnis yang kami miliki, yaitu, Salution (Sangkuriang Solution), Sagadio (Sangkuriang Game Studio), DAKSA (Dana Aksara Sangkuriang), OborTech (Obor Technology), Sang Byte, dan Dunia Bahasa. PT Sangkuriang Internasional selalu berkomitmen untuk menyediakan dukungan maksimal terhadap solusi permasalahan.


c.    GITS Indonesia


GITS Indonesia adalah perusahaan di bidang teknologi informasi, terutama pengembangan perangkat lunak. GITS Indonesia melayani kliennya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memperluas perusahaan klien dan meningkatkan nilai kompetisi mereka. GITS Indonesia fokus dalam mengembangkan aplikasi untuk pemasaran digital, yaitu aplikasi yang dapat membantu klien untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan nilai pemasaran mereka. Konsep pemasaran digital ini dapat diterapkan di banyak media yang berbeda, seperti portal, aplikasi mobile interaktif untuk iPhone, Android, Blackberry, J2ME, dll.

d.   Mitrais


Mitrais adalah perusahaan pengembang perangkat lunak dengan kantor di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Dalam bisnis sejak 1991. Mitrais menyediakan berbagai kemampuan Pengembangan Perangkat Lunak termasuk Microsoft, Mobile, Web, Java, dll. Layanan Produk mencakup penyebaran dan dukungan Produk Perangkat Lunak terkemuka yang menargetkan Sektor Pertambangan dan Kesehatan. Kegiatan ini didukung oleh sistem manajemen sumber daya manusia terbaik di kelasnya dan model keterlibatan terintegrasi.

e.    Bridgetech


PT Intersolusi Teknologi Asia yang dikenal sebagai Bridge Technology Services adalah Rumah Perangkat Lunak yang andal di Indonesia. Dengan menggunakan teknologi paling maju dan sesuai, Bridgetech mampu mengembangkan dan menggunakan solusi vertikal baru dengan lebih cepat dengan beragam layanan untuk semua industri. Didirikan pada


tahun 2008, perusahaan ini berusaha untuk mengembangkan dan mengubah bisnis bata- dan-mortir menjadi e-bisnis modern dengan efisiensi dan efektivitas yang lebih besar. Sebagai pengembang dan penerbit perangkat lunak, Bridgetech menawarkan solusi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda menggunakan teknologi terbaru.

f.    Technosindo


Technology Solutions Indonesia, perusahaan Teknologi Informasi berfokus pada Pengembangan Perangkat Lunak & Web, Solusi Hosting & Domain, dan Pengembangan Aplikasi Seluler. Banyak layanan dalam lingkup Teknologi Informasi disediakan oleh Technology Solutions Indonesia yang juga dikenal sebagai Technos atau Technosindo. Kami berspesialisasi dalam memberikan solusi berbiaya rendah dan berkualitas tinggi, seperti Perangkat Lunak Komputer, Pengembangan Web, dan tentu saja, aplikasi khusus sesuai permintaan pengguna.

 

2.2.3   IT Consultant

Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa ke penasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan sang pengguna layanan (client), melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan ke penasihatan, serta berurusan dengan berbagai pengguna layanan dalam satu waktu.

IT Consultant adalah bidang yang berfokus pada bisnis memberikan saran tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, IT Consultant sering menerapkan, menyebarkan, dan mengelola sistem IT atas nama bisnis, yang dikenal sebagai outsourcing. Dibidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.


Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan. Untuk mendukung terlaksana nya suatu kegiatan transaksi yang sempurna dan berjalan nya suatu bisnis secara lancar dibutuhkan suatu teknologi yang sangat berkualitas tinggi. Dalam hal tersebut, dibutuhkan seorang IT Consultant .

IT Consultant, sesuai dengan namanya sendiri “Consultant “ yang berarti seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat ahli dalam bidang keahliannya. Jadi IT consultant merupakan seorang yang ahli dalam memberikan saran dalam bidang teknologi informasi . Keberadaan seorang IT consultant di Indonesia sendiri pun tidak terlihat sebagai suatu profesi yang asing, bahkan terdapat suatu perusahaan jasa konsultan dalam bidang teknologi informasi. Mereka sebagai seorang IT Consultant sangat lah mengetahui teknologi yang berkualitas maupun kurang berkualitas yang baik bagi suatu perusahaan atau klien nya. Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang IT Consultant:

a. PT. Aevitas Consulting


Salah satu contoh perusahaan yang saya diskusikan di postingan ini adalah perusahaan PT. Aevitas Consulting. Beralamat di Jembatan Tiga Raya 5C Jakarta Utara 14450, Indonesia. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa IT Consultant ini didirikan oleh Jap Ju Sin di Indonesia pada tahun 2009. Walau dikatakan dalam skala menengah ke bawah karena masih belum punya anak perusahaan, namun perusahaan ini telah banyak menangani permintaan dari perusahaan-perusahaan menengah ke atas. Perusahaan ini fokus pada implementasi Microsoft Dynamics, mulai dari konsultasi, penginstalan, kustomisasi, pelatihan/training, support hingga perawatan berkala.

 

2.2.4   Penjualan Perangkat TIK

Beberapa organisasi banyak yang telah berinovasi serta menjual produk perangkat dalam mendukung jalannya TIK. Produk yang diproduksi dalam bidang TIK ialah perangkat


jaringan komputer, komputer, serta beberapa produk lainnya. Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang penjualan perangkat TIK :

a.    Alphabet


Alphabet adalah perusahaan software terbesar di dunia berdasarkan pendapatan, dimana mereka menghasilkan $110,86 Milyar tahun ini. Alphabet mungkin paling dikenal sebagai perusahaan induk Google, yang menangani lebih dari 70% permintaan pencarian online dunia. Alphabet diciptakan oleh restrukturisasi perusahaan Google, yang dilakukan untuk mengkotak-kotakkan dan merampingkan layanannya.

b.   IBM


International Business Machines Corporation (IBM) memproduksi perangkat keras (hardware), middleware, dan software, dan merupakan produsen komputer Amerika terkemuka. Perusahaan asli yang didirikan pada tahun 1911 menggabungkan tiga perusahaan yang berbeda dan membuat produk kantor seperti mesin tabulasi kartu punch. IBM memasuki bidang mesin tik listrik pada tahun 1933, kemudian mengembangkan kalkulator yang akan membuka jalan bagi komputer pertamanya. Perusahaan pembuat software ini menghasilkan $79.9 Milyar tahun ini.

c.    Facebook


Facebook dimulai sebagai semacam permainan “panas atau tidak” yang disebut Facesmash oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya di Universitas Harvard. Kemudian itu tumbuh dari asal-usul yang sederhana itu menjadi situs web media sosial paling populer di dunia saat ini kecuali di Cina, karena negara cina melarang sejak


2009. Facebook juga dikatakan sebagai tempat yang bagus untuk bekerja, dengan suasana yang hidup dan kerja yang bagus- dimana mereka menerapkan keseimbangan hidup bagi karyawan. Dan tahun ini mereka menghasilkan $40,65 Milyar.

 

2.2.5   Pemasangan dan Pemeliharaan Jaringan Komputer dan Perangkat TIK

Perusahaan dalam bidang pemeliharaan serta pemasangan adalah perusahaan yang menawarkan jasa yang dapat digunakan oleh perusahaan lain. Perusahaan dalam bidang pemeliharaan ini adalah perusahaan yang tidak membuat produk melainkan produk yang digunakaannya berasal dari vendor yang telah disepakati oleh perusahaan jasa. Berikut ini adalah contoh bisnis informatika di bidang pemasangan dan pemeliharaan jaringan komputer dan perangkat TIK :

a.    First Media


Dengan koneksi internet yang handal dan layanan TV kabel yang terkemuka di pasarannya, First Media sangat cocok untuk Anda yang menyukai hiburan dari TV kabel. Anda bisa memilih antara 5 pilihan paket mulai dari 10 Mbps hingga 1.000 Mbps (mega bits per second). Dengan kecepatan internet yang stabil, maka acara silaturahmi online dengan kerabat di kampung halaman akan tetap lancar dan tanpa gangguan.

b.   MyRepublic


ISP MyRepublic salah satu pemain yang kompetitif dalam hal harga dan kecepatan internet. Mereka memiliki paket dari harga Rp 329.000 sampai Rp 1.199.000 dengan kecepatan mencapai 300 Mbps. Walau saat ini MyRepublic belum memiliki jangkauan daerah yang luas, tetapi di kota-kota besar di Indonesia telah tersedia layanan MyRepublic.   MyRepublic    juga    merupakan    satu-satunya    penyedia    internet  yang memberikan paket khusus untuk gamer. Artinya, mereka menyediakan sambungan internet yang stabil. Jadi, saat Anda melakukan video call dengan kerabat atau keluarga, percakapan akan tetap lancar tanpa gangguan.


c.    Biznet Home


Terkenal dengan cakupan area yang luas, Biznet Home menyediakan layanan internet dengan kabel fiber optik untuk lebih dari 100 kota di Indonesia. Jumlah kota ini masih berkembang hingga saat ini. Biznet menyediakan paket combo internet dan TV kabel atau paket internet rumah saja. Walau layanan internetnya tidak secepat layanan dari ISP lainnya, Biznet Home menawarkan kecepatan upload dan download yang sama. Biznet juga memiliki paket 150Mbps untuk kenyamanan berinternet Anda. Terutama menjelang Bulan Puasa, di mana menghubungi keluarga untuk bermaaf-maafan sudah menjadi tradisi.

d.   MNC Play


Salah   satu   penyedia   internet   dengan   kecepatan   tertinggi   di   Indonesia. MNC Play menggunakan teknologi Fiber To The Home (FTTH), MNC Play menyediakan jaringan kabel fiber optik 100% di seluruh jalur sampai ke rumah Anda. MNC Play merupakan provider internet yang mampu mendukung kapasitas network hingga 10  Gbps, sehingga koneksi internet tetap stabil. Cocok untuk Anda yang bekerja dari rumah, juga untuk acara silaturahmi jarak jauh bersama keluarga.

e.    IndiHome Fiber


 

Dulunya dikenal sebagai Speedy Internet, IndiHomeFiber dari PT Telkomsel Indonesia, Tbk terkenal dengan jangkauan yang sangat luas. Dimana pun Anda berada di Indonesia, layanan IndiHome Fiber siap melayani Anda. Tentu saja ini karena Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Anda dapat memilih paket dari IndiHome yang beragam dari segi kecepatan internet, jumlah layanan dan harga. Anda


bebas memilih antara kecepatan dari 10 Mbps hingga 300 Mbps dan tambahan layanan TV kabel ataupun telepon rumah.

 

2.3                         Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia

Perkembangan bisnis TI di Indonesia cukup drastis, hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia teknologi informasi. Perkembangan ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware, software dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli online. Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu.

Oleh karena itu, kualitas sumber daya dan fasilitas dalam bidang TIK harus selalu di tingkatkan untuk mendukung kegiatan bisnis yang semakin maju dan mungkin akan semakin bertambah peminatnya. Dan kita harus memperbesar porsi lokal dalam dunia bisnis teknologi informatika di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi dan komputer menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari yang disebut dengan “information age”. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.

Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan- perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.

Perkembangan bisnis TI di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk ke


depannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.

Saat ini dunia TI mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang bisnis. Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang mendayagunakannya.


BAB III PENUTUP

 

3.1                        Kesimpulan

Bisnis merupakan kegiatan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dapat disimpulkan bahwa dunia bisnis tidak terpaku hanya untuk satu bidang, bisnis dapat di kolaborasi-kan dengan berbagai bidang sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal sesuai keinginan kita tentunya. Pada bisnis informatika memiliki beberapa jenis yaitu e-commerce, software house, consultant, penjualan perangkat TIK, pemasangan dan pemeliharaan jaringan computer dan perangkat TIK, dll. Pada perkembangan bisnis informatika saat ini sangat pesat dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun yang memanfaatkan perkembangan teknologi informatika.

 

3.2                        Saran

Adapun saran yang dapat diberikan kepada pembaca untuk dapat memahami pentingnya perkembangan bisnis informatika saat ini dan dapat menjalankan bisnis sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan mempelajari aturan bisnis hingga menjadi sukses.


DAFTAR PUSTAKA

 

 

1.  Fajfrii, Andi. 2017. Pengertian Bisnis TIK dan Bisnis. Diakses pada tanggal 04 Oktober 2020

URL:http://andifajrii.blogspot.com/2017/10/pengertian-bisnis-tik-dan-bisnis.html

2.  Dosen Pendidikan 3. 2020. Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli. Diakses pada tanggal 04 Oktober 2020

URL:https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli/

3.  Maxmanroe. 2018. Pengertian TIK: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Sejarah TIK. Diakses pada tanggal 04 Oktober 2020

URL:https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian- tik.html#:~:text=Pengertian%20TIK%20Menurut%20Para%20Ahli,- Agar%20lebih%20memahami&text=Menurut%20Eric%20Deeson%2C%20pengertian%20T IK,sendiri%20dan%20masyarakat%20secara%20keseluruhan.

4.  Fahlevi, M. F. 2018. Bisnis Informatika. Diakses pada 04 Oktober 2020 URL:http://katyinmars.blogspot.com/2018/10/bisnis-informatika.html

5.  Yuli. 2019. Inilah 7 Contoh Bisnis E-Commerce di Indonesia yang Sukses. Diakses pada

tanggal 06 Ooktober 2020

URL:https://dosenekonomi.com/bisnis/peluang-bisnis/contoh-bisnis-e-commerce-di- indonesia

6.  Amalia, Sarah. 2019. 15 Software House Terpercaya dan Terbaik di Indonesia Rekomendasi Teknologi.id. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2020

URL:https://teknologi.id/insight/15-software-house-terpercaya-dan-terbaik-di-indonesia- rekomendasi-teknologi-id

7.  Budiarto, M. R. 2016. Pengantar Bisnis Informatika dan Contoh Perusahaan. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2020 URL:https://mrisnawanbudianto.wordpress.com/2016/10/05/pengantar-bisnis-informatika- dan-contoh/

8.  Ikhsanti, Dyah. 2020. Pilihan Provider Internet Rumah Terbaik untuk Silaturahmi Online (Update 2020). Diakses pada tanggal 06 Oktober 2020 URL:https://www.aturduit.com/articles/provider-internet-rumah-terbaik/


9.  Saputra, Zhendy. 2019. Perkembangan Bisnis Informatika. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2020

URL:http://zhendydyazsaputra.blogspot.com/2018/10/pengertian-bisnis-bisnis- informatika.html