INTERAKSI
MANUSIA DAN KOMPUTER SERTA HUBUNGANNYA DENGAN WEB SCIENE
Interaksi manusia dan
komputer adalah ilmu yang berhubungan antara manusia dan komputer yang
berkaitan dengan sistem komputasi yang digunakan manusia sebagai user untuk
mendesain, mengimplementasikan, dan mengevaluasi ruang lingkup tentang
studi-studi dari manusia secara interaktif. Serta ada interaksi yang antara
satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin yang dimana
disetiap interaksi terdiri dari serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang
dilakukan untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka
pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine
Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan
perancang sistem.
Istilah human-computer interaction (HCI)
mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah
HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas,
tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat
berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya
perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna merupakan
keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Useful: fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable: Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah,
mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things)
Used: Terlihat baik, tersedia dan diterima/digunakan oleh organisasi.
Tujuan dari interaksi manusia dan komputer adalah untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan respon yang diperlukan selama berkerja pada sebuah sistem komputer
Media antarmuka manusia
dan komputer dibagi menjadi 2:
1. Media Tekstual
Yaitu komunikasi
antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks. Contoh dari penggunaan
media tekstual adalah penggunaan di bahasa pemrograman PASCAL seperti readln
dan writeln.
2. Media GUI (Graphical User Interface)
Yaitu
komunikasi yang berbentuk grafis. Contoh penggunaan GUI yaitu pada pemrograman
visual seperti Visual basic, Visual Foxpro, Delphi, dan lain-lain.
Hubungan
antara IMK dan Web Science
Hubungannya yaitu:
1. Perilaku Navigasi
Dimana
terdapat 2 tipe:
a. Navigasi Standar, yaitu memberikan overview dan peta
penjelajahan situs.
b. Navigasi Advance, yaitu bertujuan memberikan alat
penelusur situs yang lebih spesifik misal lewat kategori, pengarang, produsen,
dan lain-lain. Yang bisa disebut juga interface search.
2. Perilaku pencarian
Yaitu
pola pencarian dalam rangka mendapatkan pangalaman terbaik dalam pemanfaatan
situs yang dimana telah di desain sedemikian rupa dalam fitur pencariannya.
3. Rekomendasi web
Yaitu layanan
web yang memberikan saran kepada user yang membutuhkan suatu informasi tertentu
sesuai history pencarian sebelumnya oleh user.
4. Web merefleksikan perilaku sosial
Rekam
jejak aktifitas user yang bisa dideteksi melalui IP address dalam mengakses web
sehingga hal-hal yang dibutuhkan oleh pengguna akan segera diupdate berdasarkan
kebutuhan user dengan cepat.
5. Web mempengaruhi perilaku sosial
Web
merupakan salah satu teknologi yang populer dimasyarakat. Akibatnya ada 2
dampak yang ditimbulkan:
a. Dampak positif:
-
Membantu
pekerjaan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan
-
Dapat
berkomunikasi dengan jarak yang cukup jauh
-
Mudah
mencari informasi
b. Dampak negatif:
-
Adanya
plagiatisme
-
Munculnya
banyak penipuan
-
Bahaya
nya radiasi yang ditimbulkan dari komputer itu sendiri
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar