Mengenal
Struktur Web & Jenis-jenisnya serta Pengaruh Web
Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus
dikuasai oleh seorang web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti
memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan
antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman.
Struktur web terdiri dari :
- Struktur Linear
- Struktur Grid
- Struktur Hierarki
Keuntungan dengan adanya struktur situs web yang dibuat dengan baik :
- Dapat
mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
- Pengguna situs web
dapat dengan mudah memahami situs web.
- Mudah untuk
dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu
halaman situs jika diperlukan.
- Dapat menurunkan biaya
pengunjung situs .
Contoh Struktur Web:

- Struktur
Linear terdiri dari :
a) Struktur Linear murni :
- Digunakan untuk
situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
- Biasanya hanya terdiri
dari 4 – 10 halaman.
- Cocok digunakan untuk
menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu
pokok bahasan.
- Kelemahan struktur
jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs
web.
- Pada situs web yang
besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk
bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.
b) Struktur linear tambahan :
- Digunakan untuk
menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni
- Uraian ini cocok untuk
membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh
untuk dilewatkan.
- Kelemahan struktur ini
sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat
melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
c) Struktur linear dengan halaman pilihan :
- Pada struktur ini
pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa
harus melewati halaman berikutnya.
- Struktur ini banyak
digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
- Cocok digunakan untuk
menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan
informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan
secara bertahap.
d) Struktur linear dengan halaman alternatif :
- Pada dasarnya sama
dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan”
untuk pergi ke sebuah halaman.
- Struktur ini hanya
sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
- Struktur ini digunakan
untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada
beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah
dapat dipisah menjadi halaman alternatif.
- Struktur
Grid
- Merupakan perluasan
dari struktur linear murni.
- Struktur ini juga
mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear
dengan halaman tambahan.
- Struktur
Hierarki
- Sangat banyak
digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat
fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
- Menggunakan sub-sub
direktori dan membentuk level-level ke bawah.
- File-file yang
memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu
dierktori.
- Pada struktur ini
gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam
sebuah drektori tertentu.
Jenis-jenis Struktur Hierarki :
- Struktur hierarki
lebar/ wide hierarki
- Merupakan struktur
dasar dari bentuk hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang
menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web.
- Penempatan
halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level melebar.
- Struktur ini sering
digunakan pada situs-situs web yang sederhana dimana sebuah halaman index
yang menghubungkan dengan halaman-halaman isi.
2. Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki.
- Mirip dengan struktur
hierarki lebar, perbedaannya adalah struktur ini menempatkan
halaman-halaman isi menjadi lebih “dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.
- Sebagian besar situs
web yang ada saat ini menggunakan gabungan antara dua jenis struktur
hierarki ini.
- Perlu diperhatikan
bahwa struktur-struktur dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara
mentah-mentah karena penggunaan struktur ini sangat tergantung kepada
pembagian kategori isi yang akan dijelaskan.
Jenis-jenis web dari segi kontennya terbagi menjadi 2 jenis yaitu:
- Website
Statis
Website statis merupakan website yang isi kontennya tidak dapat diubah
secara langsung oleh end-user. Isi dari website hanya bisa diubah oleh orang
yang mengerti mengenai bahasa pemrograman atau tools untuk merancang halaman
website. Website jenis ini tidak mempunyai basis data, jadi informasi yang
disampaikan ditulis langsung ke dalaman sintax. Biasanya website jenis ini
dibuat untuk menampilkan informasi yang jarang diupdate misalnya Company
Profile.
2. Website Dinamis
Website dinamis adalah website yang isi kontennya sudah termanajemen
dengan kata lain, sudah menerapkan sistem Content Management System untuk
informasi yang disampaikannya. End-user bisa sewaktu-waktu mengupdate konten
pada halaman website tanpa perlu faham sintax ataupun bahasa pemrograman.
Melihat dari segi fungsionalitasnya, website seperti inilah yang sekarang
banyak digunakan.
Menurut fungsi dan informasi yang disampaikan dibagi menjadi
beberapa bagian diantaranya :
a. Website Company Profile
Meskipun banyak website company profile dibuat dengan website statis,
namun seiring perkembangan zaman sekarang ini, website company profile sudah
beralih dari asalnya statis menjadi website dinamis. Website company profile
dibuat dinamis salah satu alasannya supaya data informasi bisa diubah seketika,
tidak perlu menghire/menyuruh seorang web programmer untuk mengupdate
informasinya. Selain itu, sekarang ini website company profile sudah terhubung
ke situs lain seperti jejaring sosial, fungsinya supaya website tersebut lebih
banyak dan lebih mudah diketahui oleh publik. Contoh website company profile
yaitu : http://www.indismart.co.id
b. Website Mesin Pencari
Website mesin pencari yaitu suatu website yang menyediakan fasilitas
untuk mencari data diinternet (di website lain khususnya) berdasarkan
keyword/kata kunci yang kita inputkan. Website seperti ini mempunyai peranan
sangat penting dalam mengumpulkan informasi. Contoh website mesin pencari
diantaranya : http://www.google.com. http://www.yahoo.com
c. Website Portal
Website jenis ini merupakan jenis website yang menyediakan link ke
website lainnya. Dengan kata lain website ini merupakan website yang isinya
merupakan informasi link ke website lainya, link-link tersebut sudah
termanajemen dengan baik sehingga memudahkan pengunjung mencari link ke situs
lainnya. Fungsinya hampir sama dengan website mesin pencari, namun ruang
lingkupnya lebih sempit lagi.
d. Websie Blog
Fungsi blog sebetulnya adalah tempat si pemilik blog menuangkan ide
tulisan dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di internet. Atau bisa juga
merupakan catatan buku harian, pengalaman si pemilik blog. Selain itu, blog
juga bisa digunakan sebagai media untuk menyamaikan tutorial terhadap suatu
metode atau jalan keluar suatu permasalahan.
Contoh website jenis ini diantaranya : http://www.indi-smart.com/blog http://www.indi- smart.com/tutor
e. Website Networking
Pengertian networking disini adalah jaringan, sama halnya dengan
mencipatakan “kenalan” didunia nyata, hanya medianya adalah online. Situs
seperti ini sekarang sedang marak digunakan oleh sebagian besar pengguna
internet. Fungsi dari website jenis ini adalah untuk membentuk komunitas,
koneksi atau kenalan di dunia nyata, tanpa terbatas oleh ruang maupun waktu.
Contoh website jenis ini yaitu : http://www.goesmart.com, http://www.facebook.com
f. Website Forum
Website forum merupakan website yang berfungsi untuk mendiskusikan suatu
permasalah. Atau bisa juga digunakan untuk memposting suatu metode atau tata
cara terhadap penyelesaian suatu masalah. Website seperti ini banyak digunakan
pengguna internet saat ini, selain untuk memcari/menyebarkan informasi website
jenis ini juga kadang digunakan untuk berniaga kepada para pengguna forum
tersebut. Contoh website jenis ini yaitu : http://www.kaskus.com, http://www.forum.tempointeraktif.com
g. Website Berita
Sesuai dengan judulnya, website ini bertujuan untuk menyampaikan
informasi secara cepat dan akurat. Informasi/berita yang disampaikan bisa
sangat beragam, diantaranya politik, pendidikan, otomotif bahkan sampai gosip.
Contoh website jenis ini yaitu : http://www.detik.com, http://www.kompas.com
h. Website galeri
Fungsi utama dari website jenis ini adalah sebagai media penyimpanan
file berupa gambar di internet. Apa kebelihan dengan menyimpan file gambar
milik kita diinternet ? tentusaja karena kita bisa membagikan link foto galeri
kita ke user lain / orang lain di internet. Contoh website jenis ini yaitu
: picasa.google.com, instagram.com,
i. Website e-Commerce
e-Commerce atau perdagangan online merupakan website yang menyediakan
informasi mengenai barang atau jasa secara online. Website jenis ini merupakan
representasi dari cara penjualan secara real dan dituangkan dalam bentuk
online. Kelebihan dari website jenis ini yaitu pemilik website mempunyai
cakupan pasar yang luas, bahkan global. Contoh website jenis ini yaitu : ebay.com, http://www.indi-smart.com/store
j. Website e-Learning
e-Learning merupakan kepanjangan dari electronic learning, jika dialih
bahasakan pengertiannya adalah proses belajar melalui media elektronik. Media
elektronik disini adalah konten pembelajaran yang ada di website, jadi fungsi
website tersebut menyimpan materi maupun bahan pembelajaran secara online.
Pengguna bisa mengakses materi/informasi tersebut kapan saja dan dimana saja.
B. Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari
banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda)
, tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya.
Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak
antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan)
tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan,
yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok
untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara
berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia
kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan
jaringan gen semua karakteristik small world network.
Contoh Klasifikasi Small-World Network:

Sebuah kategori tertentu small world network
diidentifikasikan sebagai kelas grafik acak oleh Duncan Watts dan Steven
Strogatz pada tahun 1998. Mereka mencatat bahwa grafik dapat diklasifikasikan
menurut dua fitur struktural independen, yaitu koefisien clustering, dan
rata-rata jarak dari simpul satu ke simpul lainnya (juga dikenal sebagai
rata-rata panjang jalur terpendek).
Grafik murni acak, dibangun sesuai dengan model
Erdös-Rényi (ER), dan menunjukkan rata-rata panjang jalur terpendek
(biasanya bervariasi sebagai logaritma dari jumlah node) bersama dengan
koefisien pengelompokan kecil. Watts dan Strogatz mengukur bahwa sebenarnya
banyak jaringan dunia nyata yang memiliki panjang jalur rata-rata terpendek,
tetapi koefisien pengelompokan secara signifikan lebih tinggi daripada yang
diharapkan secara acak atau random.
Watts dan Strogatz kemudian mengusulkan sebuah
model grafik baru, saat ini bernama model Watts dan Strogatz, dengan (i)
rata-rata panjang jalur terpendek yang kecil, dan (ii) koefisien pengelompokan
yang besar. Crossover dalam model Watts-Strogatz antara “dunia besar” (seperti
lattice / poset) dan small world network pertama kali dijelaskan oleh
Barthelemy dan Amaral pada tahun 1999. Karya ini diikuti oleh sejumlah studi
besar , termasuk yang mendapatkan hasil yang tepat / studinya berhasil (Barrat
dan Weigt, 1999; Dorogovtsev dan Mendes, Barmpoutis dan Murray, 2010).
C. Social network sites
Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang
terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau
dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan
pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan
disini (situs jejaring sosial).
Diagram Jaringan Sosial:

Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai
simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan
ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan
antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa
jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga
hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan
masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu
dalam mencapai tujuannya.
dibawah ini adalah salah satu situs
jejaring sosial yaitu :
1. MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial
populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto,
musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini
terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005,
News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi
berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
2. Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal
dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang
pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk
kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat
melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain
melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh
Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005,
Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language.
Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
3. Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial
yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg,
seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya
pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan
selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston
College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU,
Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak
perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun
waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki
alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia
dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan
untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11
September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di
Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih
jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja,
atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki
jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada
sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh
dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi
ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor
satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti
Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
4. Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan
jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk
mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140
karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi
seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh
perusahaan rintisan Obvious Corp. Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain
meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau
menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa
paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Dan masih banyak lagi situs jejaringan
sosial seperti, Hi5, LinkedIn, Fupei, weibo, bebo, orkut, yahoo! meme, koprol,
tumblr, plurk, google+, hello dan lain sebagainya.
Analisis jejaring sosial internasional:
D. Blogosphere
Blog adalah sebuah laman web yang kemasukan-kemasukannya ditulis menurut
urutan kronologi dan dipaparkan dengan tertib terbalik.
Blog memberikan ulasan atau berita mengenai sesuatu tajuk, umpamanya
makanan, politik, atau berita tempatan, dengan sesetengah blog berperanan lebih
sebagai buku harian peribadi dalam talian. Blog yang tipikal menggabungan teks,
imej, dan pautan ke dalam blog, laman web, dan media lain yang berkaitan dengan
topiknya. Keupayaan para pembaca untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format
interaktif merupakan ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya
adalah blog teks, walaupun sesetengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto),
video (vlog), musik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan
sebahagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Istilah “blog” merupakan kata lakur untuk perkataan “web” dan “log” (Web
log). “Blog” juga boleh digunakan sebagai kata kerja yang membawa pengertian
“untuk memeliharakan atau menambahkan isi kandungan ke dalam blog.”
Pada bulan Nov 2007, Technorati, enjin carian blog, sedang menjejaki
melebihi 120 juta blog, meningkat dua kali ganda sejak awal Januari 2007.
~~~
Dampak ekonomi yang akan timbul dari pengaruh web, terdiri dari
periklanan, penjualan online ataupun dari lelang
a. Iklan terhadap pengaruh ekonomi
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, peluang
pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan. Atau Iklan
adalah komunikasi non personal informasi biasanya dibayar dan biasanya
persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi
melalui berbagai media. Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang
ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai. Pengaruh iklan
terhadap ekonomi adalah sebagai transaksi atau peristiwa ekonomi yang mampu
mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat serta kegiatan jual beli (untuk
menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
Dampak adanya iklan :
- Dampak terhadap produk
Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen
sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera
konsumen.
- Dampak terhadap Media
Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan (melaluibiro iklan)
memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi
penyebaran pesan tentang produknya.
- Dampak terhadap
Perusahaan
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, bagaimana cara
bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak dibalik
kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan
- Dampak terhadap para
pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan
berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.
- Dampak terhadap
Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap
produk yang sama maupun substitusi
- Dampak terhadap Bisnis
dalam Masyarakat.
Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu
jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya
berdampak pada pemerataan pendapatan.
- Dampak kepentingan Produksi
Massal.
- Dampak Terhadap Nilai
suatu Produk
Periklanan dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu,
Periklanan dapat menambah nilai yang lebih positif, Menambah nilai ekonomi
untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen.
9. Dampak pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan
biaya iklan untuk produk itu pada media.
b. Penjualan online
Penjualan Online itu adalah suatu transaksi untuk menjual barang melalui
jaringan komputer atau internet lebih tepatnya pada Website. Yang mempunyai
Fasilitas yang disediakan didalam sistem antara lain penanganan master untuk
pelanggan dan produk, penanganan transaksi untuk penjualan, pembuatan faktur
dan kuitansi, serta penyajian laporan penjualan berdasarkan beberapa kriteria.
Tentunya Penjualan Online ini secara ga langsung berhubungan sangat
Harmonis dengan, ketika kita ingin berjualan di dunia nyata ataupun Online,
kita butuh yang namanya promosi, mungkin Iklan adalah salah satu
alternativenya atau mungkin sobat bisa promosi kepada teman teman sobat
atu yang lainnya..
Kembali ketopik awalnya, Penjualan Online zaman sekarang tuh sudah
semakin semarak, buat sobat yang ingin berjualan tapi ga punya lapak mungkin
bisa itu solusinya, ataupun buat konsumen yang males keluar rumah, apalagi
zaman sekarang sudah canggih, pake smartphone aja bisa kan, tau tau barang yang
kita pesen udah ada aja dirumah.
Dampak Dari Penjualan Online :
- Pertumbuhan Ekonomi
Yang Semakin Tinggi
- Terjadinya
Industrialisasi
- Produktifitas dunia
industri semakin meningkat
kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia
industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
konsumen tidak perlu pergi ke toko.
c. Lelang Online (E-Auctions)
Lelang adalah: “Penjualan Umum”, yaitu pelelangan atau penjualan
barang-barang yang dilakukan kepada umum dengan harga penawaran yang meningkat
atau menurun atau dengan pemasukan harga dalam sampul tertutup, atau kepada
orang-orang yang diundang atau sebelumnya diberitahu mengenai pelelangan atau
penjualan itu, atau diijinkan untuk ikut serta dan diberi kesempatan untuk
menawar harga, menyetujui harga yang ditawarkan atau memasukkan harga dalam
sampul tertutup. Sedangkan lelang online adalah transaksi berbasis Web yang
memungkinkan pengguna membeli dan menjual produk serta layanan tertentu melalui
proses tawar menawar. Atau dapat diartikan juga sebagai action berasal
dari bahasa inggris yang berarti lelang, pelelangan, melelang.
Sementara e merupakan singkatan dari elektronik, artinya adalah
secara online melalui internet.
Jadi, E-Auction adalah sistem lelang yang dilakukan secara online
melalui media internet.Lelang pada umumnya adalah suatu sarana untuk
mempertemukan penjual dan pembeli dengan tujuan menentukan harga yang wajar
bagi suatu barang. Namun, Seiring dengan penggunaan media Internet yang
semakin luas dalam bidang perdagangan, mekanisme lelang kini dapat dilakukan
dengan menggunakan media internet. Maka dari itu muncul lah E-Auction,
pelelangan secara elektronik.
Lelang secara online pertama kali melakukan aktivitas berbasis web
komersial dengan penjualan yang signifikan dimulai pada bulan Mei 1995 yaitu
perusahaan Onsale. Pada bulan September dengan tahun yang sama eBay juga mulai
melakukan perdagangan. Kedua perusahaan menggunakan sistem penawaran naik atau
sistem pelelangan Inggris dan mereka adalah perusahaan yang pertama untuk
mengambil keuntungan dari peluang teknologi terbaru. Web menawarkan keunggulan
baru seperti penggunaan tawaran otomatis melalui formulir elektronik, mesin
pencari(search engine) untuk dapat dengan cepat menemukan item yang diinginkan
dan kemampuan untuk memungkinkan pengguna untuk melihat item menurut kategori.
Lelang online telah sangat meningkatkan berbagai barang dan jasa yang dapat
dibeli dan dijual dengan menggunakan mekanisme lelang bersama dengan memperluas
kemungkinan cara lelang yang dapat dilakukan dan secara umum membuat penggunaan
baru untuk lelang. Dalam lingkungan web saat ini ada ratusan, jika tidak
ribuan, situs yang didedikasikan melakukan praktik lelang online.
Jenis-jenis E-Auction:
- Lelang standar
- Proxy Bidding Auction
- Reverse Auction
- Dutch Auction
- First-price sealed-bid
- Vickrey Auction
Berikut nama-nama besar beberapa pengelola situs lelang online antara lain :
- eBay
- eBid
- Bidorbuy
SUMBER
:
0 komentar:
Posting Komentar