bjk

Jumat, 03 Januari 2020

tutorial membuat animasi plankton 3D menggunakan blender



TUTORIAL MEMBUAT ANIMASI PLANKTON MENGGUNAKAN BLENDER

1.     Membuat Object


Kita ubah bentuk kubus. Pilih edit mode tekan w tambahkan 2 subdivide lalu di smooth hingga max.

Tekan ctrl+2 lalu seleksi ujung-ujungnya lalu scale dengan tekan s hingga berbentuk bulat. Lalu beri perpotongan garis baru dibagian tengah vertikal dengan tekan ctrl+r.

Kemudian tekan z untuk mentransparkan object lalu tekan b dan drop&drag untuk menseleksi setengah dari object, lalu tekan huruf x pilih vertikal.

Setelah itu kita add modifier pilih mirror ,centang bagian clipping kemudian apply, fungsi mirrorring disini guna untuk menyinkronkan kedua sisi sehingga ketika kita membentuk object disetengahnya bagian setengahnya lagi akan otomastis menyerupai.

Kemudian kita seleksi bagian atasnya kemudian tarik hingga lonjong dengan tekan huruf g dan disesuaikan dengan sumbunya.


Tarik ujung bagian atas. Lalu kita tambahkan potongan 6 garis baru dibagian badannya.


Lalu buat tangannya dengan cara seleksi dua blok face pada bagian samping badan kemudian extrute tekan huruf e sedikit kedepan lalu kita scale agar dapat sudut tangannya kemudian kita extrute keluar memanjang dengan sumbunya, lalu scale ujung tangannya agar sedikit terlihat lancip.

Bagian bawahnya kita buat kakinya. Samanya cara dengan pembuatan tangan namun ditariknya ke bawah mengikuti sumbunya agar sesuai dan rapih.

Setelah itu buat bagian antenanya. Pertama-tama caranya sama dengan pembuatan kaki dan tangan. Bedanya kita menambahkan perpotongan baru sesuai penembatan pembuatan tanduknya kemudian kita seleksi garis ruasnya kemudian scale kesamping.


Untuk matanya kita tambahkan object baru bernama uv sphere. Lalu kita atur penempatannya agar sesuai dengan badannya.

Untuk membuat mulutnya kita atur bagian sudutnya agar menyerupai mulut lalu seleksi face lalu extrute ke dalam sedikit.

Giginya kita seleksi bagian atas dimulutnya kemudian extrute keluar ke bawah.


Buat alisnya dengan menambahkan object bernama plane lalu kita perkecil hingga seperti persegi panjang lalu extrute keluar sedikit, kemudian tempatkan diatas mata.

2.     Memberikan tekstur/warna



Pertama kita seleksi objek yang akan kita beri warna, disini kita mencoba memberi warna untuk seluruh badan pada object kartun plankton. Kemudian kita pilih menu tekture dibagian kanan seperti gambar diatas, lalu tekan new.



Kemudian kita atur pewarnaan di bagian Diffuse sesuai keinginan kemudian assign.


Untuk memberi warna pada bagian badan yang berbeda kita bisa menambahkan material warnanya. Caranya pilih tanda “+” dan pilih warna sesuai keinginan di Diffuse.

Agar warna diberikan pada bagian yang di inginkan dengan tepat kita harus seleksi terlebih dahulu. Disini ada contoh dimana kita akan memberikan warna merah di mulut yang masih terlihat hijau. Caranya kita ke edit mode lalu face select lalu shift+klik kanan untuk memlih bagian yang masih hijau, setelah itu klik material yang sudah dibuat dengan warna merah kemudian assign.

Setelah kita mewarnai semuanya maka akan tampak berwarna sebuah objek yang menyerupai planktonnya.

3.     Rigging/penulangan pada object Plankton

Siapkan object lalu kita tekan Shift+A pilih amateur lalu single bone.

Lalu kita aktifkan x ray kemudian kita atur tulang hingga menjadi sebuah kerangka tulang pada object. Dengan cara di scale setiap sudut bone hingga terbentuk sebuah kerangka tulang serta atur posisinya agar pas pada object.

Setelah itu kita seleksi semuanya baik itu tubuh dan setiap tulangnya dan ubah ke pose mode, lalu kita ctrl+p dan pilih with automatic weights. Kemudian kita coba menseleksi salah satu tulang dan menggerakannya seperti gambar diatas.


Maka kita mendapatkan planton yang bertulang yang bisa digerakan/bergerak.




Ubah default menjadi animasi. Disini kita akan menambahkan frame animasinya agar bergerak.

Pilih frame keberapa object akan berubah bergerak, disini dicontohkan persepuluh. Kemudian ubah posisi atau gestur agar berbeda dengan frame sebelumnya. Setelah itu tekan i plih whole character.

Maka akan muncul grafik baru pada dope sheetnya.

Setelah itu kita render untuk membuat animasinya yang nantinya akan diconvert ke bentuk vidio.


Jangan lupa estensinya dan tempat penyimpanannya. Lalu klik animation.



Untuk video animasi yang sudah selesai di render bisa di cek di youtube saya di :


0 komentar:

Posting Komentar